Sudahkah Jadi Produktif?

Pertanyaan besar yang terus ada di kepala saya akhir-akhir ini adalah sudah kah saya produktif? Apa saja yang saya lakukan sehari-hari? Ada gak sih kegiatan yang bisa membantu saya untuk menjadi produktif? Dan yang paling penting adalah bisakah saya konsisten ketika telah menetukan kegiatan yang akan saya lakukan.

Setelah kurang lebih 1 tahun saya memasuki dunia kerja, saya lebih merasa kurang produktif dan kurang memanfaatkan kesempatan yang ada. Dengan jam kerja yang mencapai 8 jam sehari, 5 hari dalam semingu, seharusnya banyak hal-hal yang saya lakukan untuk memanfaatkan waktu yang kosong. Tapi apa daya setelah 9 bulan ditempatkan di tempat pengabdian saya ini, tak ada hal yang saya lakukan sangat bermanfaat bagi saya. Apa yang salah?

Dulu waktu kuliah, saya merasa tidak ada waktu yang saya buang-buang terlalu banyak. Kenapa sekarang saya merasa menjadi orang yang paling kufur nikmat waktu?

Setelah saya memikirkan dan menganalisis, ternyata saya merupakan salah satu orang yang mungkin kurang bersyukur dan banyka mengeluh. Apa yang saya peroleh dari memupuk subur sikap tersebut? Yang saya peroleh adalah kesia-siaan.

Sekarang saya sedang mencoba konsisten dengan kegiatan yang ingin yang saya lakukan. Karena kesulitan dalam melakukan hal baru adalah memulai dan konsisten. Dan jangan lupa lakukanlah kegiatan yang bikin kita selalu nyaman. Saya pernah mendengar bahwa lakukanlah sesuatu yang bikin kamu lupa waktu, tekuni hal tersebut dan lihatlah hal luar biasa apa yang telah kamu lakukan.

Untitled.png

Teruslah berkarya dalam kondisi apapun, teruslah bersyukur dengan segala banyak nikmat yang diberikan oleh Dia.

Dan Yang terpenting jadilah orang yang produktif, jangan hanya berada pada rentang umur prooduktif, tapi tak melakukan kegiatan yang produktif.

Leave a Reply

