Liburan ke Pulau Bokori

Mau cerita sedikit tentang perjalanan ke pulau Bokori waktu tanggal pertama di tahun 2017.

Hari pertama di tahun 2017 alhamdulillah bertepatan hari minggu, dan alhamdulillahnya lagi besoknya adalah cuti bersama, bersyukurlah kami para pekerja full day 8 jam sehari 5 hari dalam seminggu. Yang berarti hari kerja tinggal 4 hari. Dan saya sangat bersyukur dengan adanya long weekend, bukan karena gak masuk kantor tapi lebih karena saya adalah salah satu orang yang mengalami LDR (Long distance relationship) sama Keluarga saya. Sudahlah lupakan itu, ingat yang senang-senang saja.

Hari pertama di tahun 2017 orang tua saya tidak ada rencana kemana-mana, yang ada saya yang berencana mau ngurut. Ngurut? Iya ke tukang urut, secara badan ini pegal-pegal karena pulang ke kendari dari Bombana dengan menempuh perjalan 3,5 jam ditambah mobil penuh sesak. Baris kedua mobil diisi empat orang dan Cuma saya yang kecil, jangan bayangkan mobilnya adalah bus, mobilnya adalah in*va, bayangkan saja bagaimana empet-empetannya selama 3,5 jam itu. Oke lupakan lagi ini, saya kan Cuma mau nulis yang senang-senangnya saja. 😀

Pagi-pagi sekali mama sudah membangunkan katanya mau nganterin ke ngurut, okelah saya bangun siap-siap cus ngurut.  Ngurutnya sih di rumah sepupu saya. Tiba-tiba sepupu saya nyeletuk, liburan ini kita kemana nih? Tau-tau langsung ada yang celetuk, yuk ke bokori. Langsunglah semua semangat mau ke Bokori.

“Pulau Bokori adalah sebuah pulau kecil di depan tanjung Soropia Kecamatan Soropia, Sulawesi Tenggara. Pulau yang dulunya di diami oleh orang-orang suku bajo.”

Perjalanan kami di mulai jam 1 siang. Kami berangkat dengan 3 mobil, saya menumpang di mobil kakak saya yang diisi 8 orang, alhamdulillah gak empet-empetan. Perjalanan yang kami tempuh tidak sampai 1 jam, karena kami memilih menyebrang ke pulau Bokori melalui penyebrangan yang paling dekat dengan kendari, kalau tidak salah di kecamatan Soropia Kab. Konawe. Setelah tiba di tempat penyebrangan, mulailah kami mencari perahu atau disebut katinting yang bisa membawa rombongan kami menyebrang, kami menunggu lumayan lama, karena mencari perahu yang lumayan besar untuk menampung kami, eh taunya tetap aja harus pakai 2 perahu secara rombongan besar, karena sepupu saya juga menyusul kami karena terjebak macet menuju pantai Toronipa.

Setelah dapat perahu kami menyebrang ke pulau Bokori memakan waktu sekitar 15 menit, seru abis lah di perahu itu. Tiba di pulau Bokori, saya agak sureprise, orangnya padat sekali, ramee banget dan yang paling mengecewakan adalah banyak sampah, sumpah orang-orang yang berkunjung buang sampahnya sembarangan. Bikin merusak hampir 70 persen keindahan pulau ini, sayang sekali.

naik kapal mau nyebrang 🙂

Pada saat melihat pantai ini kotor, saya berusaha untuk tidak berpikiran negatif, mungkin karena banyak orang yang tidak belajar PPKN waktu SD dulu jadi gak tau harus buang sampah pada tempatnya. Tapi di luar masalah sampah tempat ini sunguuh indah. Pasirnya putih, lautnya biru, vilanya bagus-bagus, jembatan juga bagus. Ada mushola, toilet juga tersedia. Pokoknya baguslah.

bagus, tapi banyak sampah tahun baru

Kami di pulau bokori sampai selesai magrib, nunggu kapal sambil melihat sunset. Sumpah ini indah, hanya karena lagi mendung, jadi langitnya tidak terlalu cantik, tapi tetap cantik.

Sunset

Ini sedikit catatan nih bagi yang mau ke Bokori.

*Kalau ke Bokori harus nyewa mobil atau motor atau bawa mobil sendiri juga bisa banget, karena gak ada kendaraan umum yang menuju penyebrangan ke pulau Bokori yang memakan waktu 45 menitan. mobil/motor bisa parkir di tempat penyebrangan

*Biaya sewa kapal tempat kami menyebrang di hitung per orang. Perorang pulang balik 30 ribu.

*Jangan lupa minta nomor hape pengemudi kapal, nanti gak balik ke darat 😛