Tentang Data 

Tulisan ini dibuat sekedar untuk menanggapi tayangan salah satu media dan saya merasa memojokkan institusi saya.

Diawal tayangan narasi sangat memojokkan bahwa adanya permainan data oleh instansi ini. Sebagai pengumpul data produksi padi. Saya ingin cerita sedikit bagaimana kami melakukan pengumpulan data yang kami sebut survei ubinan. Kami langsung terjun ke lapangan untuk melakukan survei ini.

Perjalan menuju plot ubinan

Saya jelaskan sedikit apa itu ubinan. Survei ubinan di lakukan untuk pengumpulan data produktivitas menerapkan pengukuran langsung pada plot ubinan terpilih (2,5 m x 2,5 m) dan metode wawancara dengan petani sampel. Angka random juga berfungsi untuk menentukan sampel mana yang harus dihitung. Padi dan palawija dipanen dan ditimbang hasil produksinya, untuk menghasilkan data estimasi jumlah produksi padi dan palawija. Survei ubinan juga dilengkapi dengan beberapa pertanyaan mengenai produktivitas tanaman padi dan palawija. Dari Survei ubinan, estimasi hasil produksi padi dan palawija dapat diketahui.

Saya sempat merekam kata-kata yang disampaikan yaitu “ tidak ada yang bermain data tapi sumber datanya, ini murni cara pengambilan datanya yang tidak sesuai. Tidak sesuai dengan prosedur, metodenya usang, tidak diperbaiki, kemudian ada konflik of interest dalam pengumpulan datanya dalam instansi teknis.”

Dengan kata-kata seperti itu jujur, saya merasa dipojokkan, kenapa? Mungkin ilmu sampling saya tidak ada apa-apanya malah jauh di bawah standar, tapi paling tidak saya sedikit tau tentang Statistik, tentang pengambilan sampel dan mengapa harus sampling (survei) bukan pendataan keseluruhan (sensus) yang saya pelajari kurang lebih 4 tahun. Saya sedih jika ada orang-orang yang mengatakan hal tersebut tapi tak paham statistik dan tak pernah terjun langsung ke lapangan dalam mengumpulkan data.

Tayangan semalam sungguh membuat berang kami para pejuang data, selama tayangan tersebut berlangsung para ujung tombak pengumpul data merasa tertohok, karena mereka telah melakukan pendataan yang sebenarnya di lapangan. Dan yang paling saya sesalkan dalam tayangan semalam adalah muatan yang kurang proposianal. Saya akui instansi ini pasti memiliki kekurangan. Tapi ada hal positif yang bisa kita petik bahwa kita tetap harus mengumpulkan data yang sesuai di lapangan dan yang paling penting adalah terus melakukan perbaikan.

Kata katanya menguatkan. Terima kasih pak 😊

Semangat pejuang data. kita sangat dibutuhkan untuk pembangunan bangsa ini 😊😊😊

Leave a Reply

