Buat para guruku ❤

Akhir Januari sampai awal februari lalu, saya diberi kesempatan untuk menyampaikan sesuatu yang telah saya diperoleh dari pelatihan kepada teman-teman di kantor. Ketika saya diberitahu untuk sharing materi yang telah saya peroleh, saya takut, saya cemas. Bukan karena saya tidak percaya diri, tapi lebih kepada rasa takut apakah yang saya sampaiakn bisa diterima oleh teman-teman. Apakah mereka bisa mengerti apa yang saya maksud. 

Ditengah-tengah saat pelatihan saya teringat kepada guru-guru saya, ketika saya tidak memperhatikan materi yang mereka sampaiakan ketika saya masih bersekolah dulu. Saya langsung merasa kagum kepada guru-guru saya, yang selalu mengajar kami tanpa lelah untuk memberi pemahaman, yang pada dasarnya ketika saya mencoba untuk memberi pemahaman kepada orang lain itu sangat sulit. 

Ketika saya berbicara didepan ada yang tidak memperhatikan maupun tidak mengerti apa yang saya maksud, ada rasa sedih yang timbul dalam hati. Sehingga saya membayangkan ini toh dulu yang menjadikan guru-guru marah ketika kita tidak memperhatikan mereka mengajar. Apalagi yang kita sampaikan adalah hal yang sangat penting. 

Setelah sharing pun saya masih merasa bersalah ketika ada penyampaian yang kurang tepat dan lain sebagainya. Saya merasa sangat berdosa ketika kondef yang saya sampaikan membuat orang bingung. Tapi saya percaya kemarin adalah waktu yang tepat untuk belajar, bukankah pengalaman merupakan guru yang tidak hanya membuat kita mengerti tapi juga paham. 

Jadi seorang guru itu tidak mudah, mereka punya tugas yang sangat berat untuk memberi pemahaman tanpa mengekang. Terima kasih guruku, karena kalian saya bisa seperti ini 😊😊😊

Leave a Reply

