Dato Sri Prof Dr. Tahir LIVING SACRIFICE

Tahun ini saya buat resolusi salah satunya adalah tidak membeli novel lagi. Bukan karena tidak mau baca novel lagi, tapi lebih ingin membeli buku yang lebih berguna, lebih nyata dan kisahnya pernah ada. Jadi beberapa bulan terakhir saya memutuskan untuk membeli buku biografi, sebelumnya sudah membaca biografi kick andy, mengagumkan. Orang biasa jadi orang luar biasa. 2 hari yang lalu saya menamatkan biografi Dato Sri Prof Dr. Tahir. Awalnya saya membeli biografi ini karena melihat sekilas di talk show kick andy. Dia membantu orang-orang miskin. Cukup sampai disitu. Keesokan harinya saya ke gramedia dan melihat biografinya, saya langsung tertarik untuk membeli. Tapi baru sempat di baca semingguan ini 😬

Pak Tahir ini adalah keturunan thionghoa yang lahir dan besar di surabaya. Bapaknya yang berprofesi seorang pengrajin becak. Pak tahir melalui masa kecilnya dengan kemiskinan. Tapi pak tahir bisa membuktikan bahwa seseorang bisa keluar dari kemiskinan dengan adanya tekad. Saya kagum terhadap sosok pak tahir yang bisa keluar dari zona kemiskinan dengan terus berusaha.

Pak tahir ini berada pada kondisi kemiskinan yang meprihatinkan pada waktu itu, ketika dia harus tinggal llebih lama di rumah sakit karena tidak ada biaya untuk membayar biaya persalinan sang ibu karena orang tuanya tidak memiliki uang. Tapi sekarang berbanding terbalik dengan dia sebagai pengusaha yang memiliki bank, rumah sakit, sekolah, gedung di sudirman dan masih banyak asetnya dan menempatkan dirinya sebagai orang terkaya kesekian di indonesia. Pertanyaannya adalah bagaimana pak tahir bisa mendapatkan semuanya ketika biaya kelahirannya saja tidak mampu dibayar? Ternyata jawabannya adalah kerja keras dan punya martabat. Karena semuanya tidak pernah kita peroleh dengan tanpa kerja keras. 

Dari biografi pak tahir saya banyak belajar bahwa kita bisa berubah sepanjang kita mau. Tapi kita harus punya tekad dan martabat jangan pernah mau direndahkan. Pak tahir berusaha dengan jatuh bangun dan tak pernah menyerah. Dan point penting dari biografi lak tahir ini yang bisa saya petik adalah jangan pernah tunduk terhadap mood. Jangan biarkan hari-hari kita rusak hanya karena mood. Mood harus tunduk terhadap pemiliknya, jangan membuat kita tunduk terhadap mood. 

Yang paling menginspirasi dari pak tahir ini adalah kegiatannya untuk berbagi. Dia menyumbangan 1 triliun hartanya untuk kegiatan sosial. Wow saya amaze dengan pak tahir lakukan. Dia juga mempunyai yayasan tahir foundation uuntuk membantu dia menjalankan kegiatan berbaginya dengan baik. 

Terakhir saya salut terhadap pak tahir banyak hal yang bisa saya contoh tentang kerja keras beliau walaupun di bidang yang berbeda. 

Leave a Reply

