Jalan jalan? 

Long weekend kali ini saya habiskan di Bombana. Ini long weekend pertama saya yang saya habiskan di kabupaten ini, biasanya saya akan memilih pulang ke rumah dari pada menghabiskan weekend di Bombana, pertanyaannya kenapa saya lebih memilih pulang terus? Yang pertama saya merasa rumah saya ada di Kendari, kedua orang tua saya ada di Kendari, Ketiga adalah saya tidak bisa mengendarai kendaraan (kecuali sepeda) jadi ngapain di Bombana kalo hanya di rumah terus. Setahun di Bombana pun kehidupan saya hanya berputar di kantor-rumah-kantor-(Kendari) how’s boring my life, isn’t it? Ya saya merasa hidup saya sangat membosankan karena tidak ada kehidupan sosial yang bisa saya sentuh di Bombana ini, yang saya kenal hanya temen-temen kantor dan tukang ojek langganan. Banyak teman-teman yang menyarankan saya untuk mencari kesibukan di Bombana dan juga belajar mengendarai sepeda motor. Kalo saran untuk belajar mengendarai sepeda motor, dalam setahun ini saya juga terus belajar, tapi sampai sekarang saya belum mahir untuk membawa sendiri kendaraan bermotor tersebut, saya terlalu takut akan bahaya di jalan (semoga saya bisa cepat berani ( eh jadi curhatnya kebanyakan :P) 

Saya penempatan di Kabupaten ini sudah mencapai 13 bulan, setahun lebih sebulan. Berarti ini tahun kedua saya ada di Kabupaten ini. selama 13 bulan ini sudah 13 kecamatan dari 22 kecamatan yang telah saya kunjungi. 13 kecamatan ini semua berada di pulau induk Sulawesi, karena Kabupaten Bombana memiliki satu pulau besar yang tersiri dari 6 kecamatan dan saya belum pernah kesana. Pulau tersebut bernama Kabaena. Dari 13 kecamatan yang saya datangi semuanya adalah keperluan pekerjaan, tidak ada perjalanan saya yang tujuannya untuk jalan-jalan. karena itu tadi, saya tidak bisa membawa kendaraan, (FYI di bombana gak ada angkot, yang ada hanya ojek dan bentor). Dan untuk pertama kalinya long weekend kemarin saya habiskan di Bombana dengan tujuan untuk jalan-jalan 😀

Sebenarnya Bombana kaya dengan wisata alamnya, yaitu Taman Nasional Rawa Aopa (FYI: taman ini sebagian wilayahnya masuk Kabupaten Bombana dan sebagian lagi adalah Kabupaten Konawe Selatan), Bukit Teletabis yang ada di Waemputang, Pantai, dan yang paling indah adalah wisata di daerah Kabaena ( Katanya sih, berhubung saya belum pernah ke Kabaena) yang terdapat Negeri di atas Awan, pulau pasir putih, dan pegunungan yang indah. 

Long weekend kemarin jadilah saya habiskan bersama mantan kepala seksi dan teman-teman. Tujuan pertama kami adalah pantai, pantainya belum ada yang kelola jadi masih asri dan juga belum ada pondok peristirahatan serta pembilasan air bersih, pasirnya lumayan bagus tapi sayang kotor, masyarakat sekitar sama pengunjung belum menyadari kali ya keindahan pantai tanpa adanya sampah. Nama pantainya sih saya gak tau apa, yang jelas terletak di Poleang Selatan dekat perkampungan bajo. Ke pantai kemarin tidak sempat nyebur karena tidak bawa baju ganti jadi Cuma duduk-duduk dan foto-foto di pinggir pantai.

Setelah menikmati pantai kami makan siang, menunya adalah ikan bakar, makan ikannya sampe bosyann, ikannya segar trus enak jadi saya habis sekitar 4 ekor. Hehe lumayan banyak. 

Sorenya sekitar jam setengah 5 sore kami meluncur ke bukit teletabies, sebenarnya gak benar-benar ke bukitnya kami hanya disekitar banker Jepang dan padang savananya. Lumayan bagus, tapi saya yakin jika ke bukit teletabies pasti lebih bagus lagi. 

Lumayanlah perjalanan kali ini, saya bisa lebih mengenal bombana selain kantor dan rumah (. Kedepannya pengen ke Kolaka Utara biar bisa lihat danau biru, mungkin next project kali yaa 😆😆 

Leave a Reply

