Ikan goreng tumis

Berhubung hari ini adalah hari sabtu dan yang pastinya saya tidak pulang ke rumah dan tidak ada kerjaan yang merenggut masa muda gue (read : lembur diakhir pekan), saya gunakanlah waktu sabtu saya untuk menjadi “babu” di rumah kakak saya 😀 (saya masih numpang tinggal sama abang). Pertama kali yang saya lakukan adalah menjadi baby sitter, menjaga ponakan yang umurnya 20 bulan, rempong sih, tapi karena saya sudah biasa menjaga bayi dari saya SMA, so tidak ada masalah, saya menikmati sekali, hitung-hitung belajar buat jaga anak sendiri nantinya (aamiin semoga disegerakan). Disela-sela menjaga baby saya mulailah memasak makanan yang saya inginkan. 

Sebenarnya sih pengen masak ala-ala western atau makanan yang lagi hits-hits, apa daya kemampuan memasak saya masih dibawah rata-rata, tapi paling tidak ada kemauan untuk memasak kan? memasak kan juga butuh waktu untuk belajar, dan yang pasti bahan yang harus selalu siap sedia :D. Hidup di Kabupaten yang jauh dari hiruk pikuk kota yang sebenarnya mempunyai tantangan tersendiri, misalnya pengen masak sesuatu eh disini bahannya gak ada, jadilah masak apa adanya :D.

Hari ini saya masak ikan goreng tumis. Kalo menurut saya sih rasanya enak, saya makan sampai nambah, padahal sangat-dan amat saya lakukan. Tak perlu lama bercuit2 ya, (kebanyakan curhat). Check it out

Bahan-Bahan

5 ekor Ikan Malaja kecil (baronang palsu :D), sebenarnya sih bias pake ikan apa saja, tapi saja suka sama jenis ikan ini

1 buah Jeruk Nipis

Minyak untuk menggoreng ikan

7 buah Cabe rawit

3 butir bangmer dan 2 butir bangput

1 buah tomat kecil

Kecap, Garam dan gula secukupnya

Cara Membuat

Bersihkan ikan, buang sirip dan insang serta isi perut ikan

Setelah ikan bersih, beri air perasan jeruk nipis dan garam diamkan selama 10-15 menit

Haluskan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, garam dan tomat sisihkan

Goreng ikan sampai warna keemasan

Siapkan wajan dan minyak untuk menumis bumbu halus setelah harum masukan kecap dan gula koreksi rasa, 

Masukkan ikan yang telah digoreng ke dalam tumisan bumbu, aduk sebentar dan sajikan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s